Jumat, 01 Februari 2013

Stres Dalam Kehidupan Sehari Hari


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya berupa kesehatan dan ilmu serta kesempatan kepada hamba-Nya untuk menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan.Tanpa kekuatan dari-Nya mungkin makalah ini tidak akan selesai sesuai dengan apa yang diharapkan.
            Kalimat seperti,“Aduh, saya stres, nih!” mungkin seringkali terdengar di lingkungan pekerjaan Anda maupun dalam kehidupan sehari-hari.Terutama jika orang yang menghadapinya sedang mengalami sesuatu yang tidak dapat ia tangani sendiri.Tapi tahukah anda,apa itu stres?.Untuk menjawab hal itu,maka penulis merasa perlu mengangkat judul ini,dengan harapan makalah ini dapat menambah wawasan dan pembaca dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
            Namun dari semua itu,penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan.Dan untuk menyempurnakannya,penulis mengharapkan kritik dan saran dari segala pihak yang sifatnya membangun demi perbaikan dan kelengkapan makalah ini.


                                                                                                   Medan, September 2011
                                                                                                   Penulis,
                                                                                                                     

                                                                                               Ahmad kurniawan mendrofa




Daftar Isi


Kata Pengantar.......................................................................................................... 1
Daftar Isi................................................................................................................... 2
Bab I.Pendahuluan                                                                                                   
       I.1.  Latar Belakang Masalah............................................................................. 3
       I.2.  Batasan masalah......................................................................................... 3
       I.3.  Tujuan Penulisan......................................................................................... 4
       I.4.  Manfaat...................................................................................................... 4

Bab II.Pembahasan
       II.1  Pengertian ................................................................................................. 5
       II.2  Macam-macam Stressor ............................................................................ 6
       II.3  Gejala Stres................................................................................................ 6
       II.4  Manajemen Stres........................................................................................ 7
                              
                              
Bab III.Penutup
       III.1.  Kesimpulan.............................................................................................. 8
       III.2.  Saran........................................................................................................ 8

Daftar Pustaka.......................................................................................................... 9



BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah
                           
            Perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat,membawa perubahan pula dalam kehidupan manusia.Perubahan-perubahan itu membawa akibat yaitu tuntutan yang lebih tinggi terhadap terhadap setiap individu untuk lebih meningkatkan kualitas diri mereka sendiri dan orang lain.Agar eksistensi diri tetap terjaga,maka setiap individu akan mengalami stres terutama terhadap individu yang kurang atau tidak dapat menyesuaikan dirinya dengan tuntutan dan perkembangan tersebut.

            Kita tidak dapat lari dari yang namanya stres.Menyadari akan hal itu,yang dapat kita lakukan adalah memperkecil akibat dari stres itu sendiri agar kita tidak terus berlarut dalam stres itu sendiri dan dapat merubahnya menjadi sesuatu yang positif dalam hidup kita masing-masing.


I.2 Batasan Masalah
a.       Apa pengertian stres?
b.      Apasaja macam-macam stressor dan gejala-gejala dari stressor itu sendiri?
c.       Manajemen stres


I.3 Tujuan Penulisan
Ø  Tujuan instruksional umum
Pembaca dapat mengerti dan dapat mengaplikasikan apa yang telah diketahuinya dimakalah ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ø  Tujuan instruksional khusus
§  Pembaca dapat membedakan stres positif dan negatif
§  Pembaca dapat mengetahui jenis-jenis stressor
§  Pembaca dapat mengenali gejala-gejala stres
§  Pembaca dapat mengerti bagaimana cara memanejemen stres.



I.4 Manfaat
            Dengan adanya makalah ini,semoga dapat menambahkan wawasan yang baru bagi pembaca.Dan sebagai bahan pembelajaran dihari-hari yang akan datang.



BAB II
STRES


Pengertian

Kata stres bermula dari sebuah kata latin “stringere” yang berarti ketegangan,dan tekanan. Stress itu adalah respon fisiologis, psikologis, dan perilaku dari seseorang untuk mencari penyesuaian terhadap tekanan yang sifatnya internal (psikologis) maupun eksternal (lingkungan).

Stres adalah stimulus atau situasi yang menimbulkan distres dan menciptakan tuntutan fisik dan psikis pada seseorang.Stres membutuhkan koping dan adaptasi.Sindrom adaptasi umum atau teori Selye,menggambarkan stres sebagai kerusakan yang terjadi pada tubuh tanpa mempedulikan apakah penyebab stres tersebut positif atau negatif.Respons tubuh dapat diprediksi tanpa memperhatikan stresor atau penyebab tertentu (Isaacs,2004).

Stress itu bagian dari kehidupan,sehingga menuntut kita untuk menyesuaikan diri.Stress merupakan reaksi awal dari penyesuaian diri tersebut.Akibat dari stress tidak selalu berkonotasi negatif tapi juga berkonotasi positif tergantung dari cara seseorang beradaptasi terhadap stressor itu sendiri.

1.Eustres adalah stress positif yang membuat seseorang jadi bertambah kuat dan mampu menyesuaikan diri.Dalam menghadapi stres yang seperti ini adalah sesuatu yang baik.Sedikit stress membuat manusia menjadi waspada dan ini membuat orang menjadi mampu memotivasi diri,menyesuaikan diri,dan segera mencari cara untuk mengatasi stress tersebut.
2.Distres adalah stres negatif yang terjadi bila stress telah mengganggu fungsi seseorang.Distress kebanyakan dirasakan orang jika situasi yang menekan berlangsung terus menerus (tugas yang terlalu berat atau tugas yang tidak mampu dilakukan karena situasi yang tidak kondusif atau stress yang disebabkan oleh trauma).


Macam-macam Stressor
Stresor adalah semua kondisi stimulasi yang berbahaya dan menghasilkan reaksi stres.macam-macam stressor :
1. Kondisi biologi
2. Kondisi Psikologik
3. Kondisi Sosio Kultural

Gejala Stres
a. Gejala fisik
Gejala stres secara fisik dapat berupa jantung berdebar, napas cepat dan memburu/terengah-engah,mulut kering,lutut gemetar,suara menjadi serak,perut melilit,nyeri kepala seperti diikat,berkeringat banyak,tangan lembab,letih yang tak beralasan,merasa gerah,panas,otot tegang,nafsu makan meninggi atau menurun.
b. Gejala psikis
Keadaan stres dapat membuat orang-orang yang mengalaminya merasakan gejala-gejala seperti psikoneurosa,seperti cemas,resah,gelisah,sedih,depresi,curiga,fobia,bingung,salah faham,agresif,labil,jengkel,marah,mudah panik.


Tipe kepribadian yang rentan mengalami stres,adalah sebagai berikut :
1.        Ambisius,agresif dan kompetitif (suka akan persaingan)
2.        Kurang sabar,mudah tegang,mudah tersinggung dan marah
3.        Waspada yang berlebihan,kontrol diri kuat,percaya diri berlebihan
4.        Cara bicara cepat,bertindak serba cepat,hiperaktif,tidak dapat diam
5.        Bekerja tidak mengenal waktu (workaholic)
6.        Pandai berorganisasi,memimpin dan memerintah (otoriter)
7.        Lebih suka bekerja sendirian bila ada tantangan
8.        Kaku terhadap waktu,tidak dapat tenang (tidak rileks),serba tergesa-ges
9.        Mudah bergaul (ramah),pandai menimbulkan perasaan empati
10.    Bila tidak tercapai maksudnya mudah besikap bermusuhan.
11.    Tidak mudah dipengaruhi,kaku (tidak fleksibel)
12.    Bila berlibur pikirannya ke pekerjaannya,tidak dapat santai
13.    Berusaha keras untuk dapat segala sesuatunya tanpa terkendali


Manajemen Stres
Manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi,orang-orang,dan kejadian-kejadian yang ada memberi tuntutan yang berlebihan.Caranya adalah :
1. Hindari stres yang tidak penting
2. Mengubah situasi
3. Beradaptasi dengan penyebab stres
4. Terima hal yang tidak dapat anda ubah
5. Luangkan waktu untuk bersenang-senang dan relaksasi
6. Mengadopsi gaya hidup sehat

BAB III
PENUTUP


ü  Kesimpulan

            Stres ada akibat tidak relevannya kemampuan dengan kenyataan yang ada.Sehingga menyebabkan konotasi yang berbeda dari setiap orang yang mengalaminya,baik yang positif maupun negatif tergantung bagaimana cara seseorang itu beradaptasi dengan stres itu sendiri.Seseorang hanya akan merasa sedikit stres jika memiliki waktu dan daya untuk menangani sebuah situasi yang mengakibatkan stres.Namun sebaliknya,jika sseseorang menganggap dirinya tidak mampu menangani tuntutan-tuntutan yang dibebankan kepadanya,stres yang  dirasakan pun semakin besar.Tingkat stres yang  dialami tergantung pada persepsi seseorang terhadap situasi dan kemampuan yang dimiliki untuk menghadapi stres tersebut.
           
           

ü  Saran
            Banyak orang ingin keluar dari stres yang sedang dialaminya,tapi dengan cara yang salah. Hal yang seperti itu tidak patut untuk ditiru dan harus ditinggalkan.Karena itu sama saja dengan tidak menyelesaikan dan bahkan memunculkan permasalahan yang baru dalam diri maupun lingkungan.Misalnya :
  • Merokok
  • Minum miniman beralkohol
  • Kelebihan atau kurang makan
  • Meluangkan berjam-jam di depan tv atau komputer
  • Menarik diri dari teman-teman,keluarga dan aktifitas
  • Menggunakan pil atau narkoba untuk rileks
  • Tidur terlalu banyak
  • Menunda-nunda pekerjaan
  • Mengisi setiap menit dalam hari untuk menghindar menghadapi masalah
  • Melampiaskan stres pada orang lain (memukul,marah-marah,kekerasan fisik,dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dibawah ini .. .. . .