Rabu, 09 Mei 2012

Metabolisme Didalam Tubuh


METABOLISME


Metabolisme adalah perubahan kimiawi yang terjadi dlam tubuh untuk pelaksanaan berbagai fungsi.

KECEPATAN METABOLISME

Metabolisme basal adalah jumlah keseluruhan aktifitas metabolisme dalam keadaan istirahat fisik dan mental.kecepatan metabolisme basal diukur pada orang yang istirahat ditempat tidur,belum makan atau minum sewaktu makan dan yang belum terganggu.

Baik pemasukan oksigen maupun pengeluaran karbondioksida diukur,dala hal ini oksigen diperlukan sedikit karena jaringan bekerja paling sedikit.

Kecepatan metabolisme basal pada penyakit dipenngaruhi oleh beberapa kelainan pada kelenjar tiroid.Kegiatan kelenjar tiroid yang berlebihan menaikkan kecepatan metabolisme seperti hypertiroidisme.Seperti pada kreatinisme dan mixudema.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI :
1.      Umur
      Bayi dan anak dalam pertumbuhan kalau dibandingkan dengan lebih banyak kalori darip pada orang dewasa
2.      Jenis pekerjaan
      Jelas bahwa kecepatan metabolisme tergantung dari kegiatan perseorangan.Pada seorang pekerja tangan akan lebih tinggi daripada seorang pekerja kantor yang menjalankan hidup lebih banyak duduk.
3.      Seks (jenis kelamin)
      Lelaki kalau dibandingkan dengan perempuan kecepatan metabolisme lebih daripada perempuan
4.      iklim
      mencakup dengan panas
5.      Ukuran tubuh
      Ukurann tubuhyang besar memiliki jumlah sel banyak dan ruang dada yang besar mengakibatkan setiap sel melakkukan metabolisme yang sangat banyak.

PROSES METABOLISME :
KARBOHIDRAT

Glukosa disimpan didalam hati dan otot tulang sebagai glikogen.Proses ini memerlukan kegiatan insulin.dalam banyak penyakit diperlukan tambahan kalori oleh badan dan karena karbohidrat termasuk jenis makanan yang paling mudah di cerna dan diasimilasikan,maka makanan tambahannya lebih banyak berupa karbohidrat daripada protein atau lemak.

LEMAK

Lemak yang tidak segera diperlukan setelah diasorbsi disimpan ditubuh didalam jaringan adipose.Bila diperlukan maka akan dikeluarkan dari tempat penyimpanan itu,dan didalam hati diubah menjadi gliserol dan asam lemak yaitu bentuk yang paling mudah dapat digunakan didalam tubuh.Absorbsi gliserin akan asam lemak oleh lakteral dan disalurkan keduktus torasika dan masuk kedalam aliran darah.

PROTEIN

Sejumlah besar asam amino dibentuk sebagai hasil pengertian protein dan semua ini membentuk tempat penyimpanan.Bila makanan berisi berlebihan protein maka maka kelebihan asam amino diperoleh didalam hati untuk mengeluarkan nitrogen dan yang digunakan untuk produksi panas dan energi dan sebaliknya.Proses pencernaan metabolisme meliputi dalam lambung dan dalam  usus.


PENGENDALIAN METABOLISME

Jika kita memperhatikan koordinasi antara aktifitas berbagai  organ tubuh maka akan jelas bahwa terdapat suatu mekanisme pengendali yang ajaib berfungsi untuk memastikan bahwa setiap sel tidak harus berfungsi sebagai satu unit saja.Melainkan juga sebagai bagian dari sebuah organisasi yaitu tubuh.Dua factor pengendali tubuh paling penting adalah system persarafan dan orgn endokrin.

CARA MEMPERTAHANKAN SUHU TUBUH

Suhu tubuh yang normal adalah 36,89˚ c dan naik turunnya berkisar antara 36,11˚c sampai 37,22˚c.Suhu normal ini dipertahankan dengan imbangan yag tepat antara panas yang dihasilkan dan panas yang hilang.Hal ini dikendalikan oleh pusat pengatur panas didalam hypothalamus yang sangat peka terhadap suhu dari daerah yang melaluinya dan yang bekerja sebagai thermostat.

Panas dihasilkan oleh aktifitas metabolic,dimana harus disesuaikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang timbul.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dibawah ini .. .. . .