Rabu, 09 Mei 2012

Manfaat Lemak Dan Kerugiannya


LEMAK


Lemak adalah senyawa organic yang terdiri dari atom karbon (C),hydrogen (H) dan oksigen (O2).Lemak bersifat larut dalam pelarut lemak.Contoh :
¨      Benzen
¨      Eter
¨      Petroleum dan sebagainya

Fungsi lemak :
©      Sumber energi (1 gr = 9 kkal)vkdck
©      Sebagai sumber asam lemak esensial,dan asam linoleat
©      Sebagai pelarut vitamin serta membantu transportasi dan absorbsi vitamin A,D,E, dan K
©      Menghemat penggunaan protein untuk sintesa protein
©      Membantu sekresi asam lambung dan pengosongan lambung
©      Memberi tekstur khusus dan kelezatan makanan
©      Sebagai pelumas dan membantu pengeluaran sisa pencernaan
©      Memelihara suhu tubuh
©      Melindungi organ jantung,hati ginjal dari benturan dan bahaya lain.

KLASIFIKASI LEMAK
Berdasarkan struktur kimianya lemak diklasifikasikan menjadi :
1.      Lemak sederhana

Lemak sederhana contohnya lemak dan minyak.Lemak adalah lemak yang mempunnyai titik lebur rendah berbentuk padat pada suhu kamar.Minyak adalah lemak yang mempunyai titik lebur rendah berbentuk cair.Jika lemak dihidrolisis akan menghasilkan satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak.Bila asam lemak yang berkaitan dengan gliserol merupakan asam lemak sejenis lemaknya disebut trigliserida campuran.Berdasarkan tingkat kejenuhannya asam lemak dapat dibagi menjadi 2 golongan yaitu :

ª      Asam lemak jenuh

Asam lemak jenuh dapat disintesa sendiri didalam tubuh.Asam lemak jenuh dalam suhu ruangan berbentuk padat.Asam lemak jenuh banyak kita jumpai pada lemak hewan.Misalnya mentega dan kanji,asam stearat dan asam palmitat.

ª      Asam lemak tak jenuh

Asam lemak tak jenuh biasanya berwujud cair (minyak-minyakan).asam lemak tak jenuh banyak terdapat pada lemak nabati.Misalnya minyak jagung,minyak kedelai,minyak sayur dan lainnya.

2.      Lemak majemuk
Lemak majemuk yaitu campuran antara senyawa lemak dengan zat-zat lain.Misalnya fosfolipid dan lipoprotein.Fosfolipid dapat disintesis dari komponen asam lemak,asam fosfat,gliserol dan basa nitrogen dihati.Senyawa fosfolipid dapat ditemui pada setiap sel hidup.Lipoprotein merupakan gabungan senyawa lemak dan protein yang disintesis dalam hati.Lipoprotein ini terdapat 4 jenis :
·         Kolimikron
·         Very low density lipoprotein (VLDL)
·         Low density lipoprotein (LDL)
·         High density lipoprotein (HDL)

Komposisi lipoprotein terdiri dari :
·         Trigliserida
·         Kolesterol
·         Fosfolipida
·         Protein

Table komposisi lipoprotein :
Lipoprotein

Trigliserida %
Kolesterol %
Fosfolipida %
Protein %
Kolimikron
80-90
2-7
3-6
1-2
VLDL
55-65
10-15
15-20
5-10
LDL
10
45
22
25
HDL
5
20
30
45-50
Sumber : Whitney dan Rolfes (1993) dalam Almatsier (2001)


3.      Derivat lemak
      Derivat lemak ini contohnya asam lemak dan sterol.Asam lemak esensial tidak dapat disintesa oleh tubuh sehingga harus diperoleh malalui makanan.jenis asam lemak esensial  adalah asam lemak linoleat dan asam lemak linolenat.
Asam lemak esensial (ALE) merupakan perkursor senyawa Eikonosoid yang mirip hormone prostaglandin,prostasiklin,tromboksan dan leukortein.
Senyawa-senyawa tersebut mempunya fungsi sebagai berikut :
1.      Mengatur tekanan darah
2.      Menngatur denyut nadi
3.      Rangsangan system saraf
4.      kontraksi otot
5.      Berperan dalam penyembuhan luka

Asam lemak linoleat dan asam lemak linolenat digunakan untuk prtumbuhan dn fungsi normal semua jaringan.Asam lemak linoleat banyak dijumpai pada minyak biji-bijian seperti minyak jagung,minyak kacang kedelai dan minyak biji bunga matahari.Asam lemak yang merupakan asam lemak esensial,namun asam lemak tersebut dapat disintesis dari asam linoleat yaitu asam arakidonat.

Turunan asam lemak yag berasal dari ALA (Asam Lemak Esensial) selain asam arakidonat yaitu Eikosapentanoat disingkat EPA dan dekosahesanoat disingkat DHA.Ketiga asam lemak diatas bukan asam lemak esensial karena tubuh dapat mensintesisnya.Minyak ikan laut yang hidup diperairan dalam kaya akan EPA dan DHA.



4        Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu koposisi dari lipoprotein.Kolesterol merupakan komponen membrane structural sel dan komponen sel otak maupun saraf.Kolesterol disimpan dan disintesis dalam hati.Kadar tertinggi kolesterol terdapa dihati dan jaringan kelenjar.

Kolesterol diperlukan untuk pembentuka asam empedu,asam folat,hormone adrenal forteks,androgen dan progestero.kolesterol dalam tubuh dapat diperoleh dari sintesis dalam hati dengan bahan utama karbohidrat,protein dan lemak.Banyak sedikitnya sintesis tergantung jumlah kebutuhan dan jumlah kolesterol dari makanan.

Kadar kolesterol tinggi dalam daarah dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang disebut ateroklerosis.Penyempitan pada pembuluh darah jantung menyebabkan PJK (Penyakit Jantung Koroner),dan bila mengendap pada pembuluh darah diotak sehingga menyababkan penyakit serebrovaskuler.


PENYIMPANAN LEMAK

Lemak yang tidak segera diperlukan setelah diabsrobsi dismpan oleh tubuh dal jaringan adipose,bila diperlukan maka akan dikeluarkan dari tempat penyimpanan dalam hati dirubah menjadi gliserol dan asam lemak.

Bila lemak dimetabolisme dihati maka akan terdapat ampas berupa zat keton yang hanya terbatas dapat digunakan,kalau banyak dihasilkan dihati maka akan menjadi kalori dalam darah.Hal ini terjadi waktu kelaparan bila tubuh tidak mepunyai sesuatu untuk digunakan selain dari lemak didalam jaringan adipose.

PENCERNAAN LEMAK

Lipase lambung menghasilkan sedikit hidrolisa lemak.cairan empedu dan lipase pancreas membantu proses pencernaan.Fungsi cairan empedu antara lain :
a.       Menetralisir keasaman makanan sehingga dapat masuk kedalam usus halus
b.      Mengemulsi lemak

Emulsi tersebut akan memecah lemak menjadi bagian yang kecil.Selanjutnya lemak akan dihidrolisis oleh enzim lipase pancreas menjadi gliserol dan asam lemak (mono dan digliserida)


PENYERAPAN LEMAK

Hasil pencernaan lemak diserap kedalam membrane mukosa usus halus dalam bentuk asam lemak dan gliserol sebanyak 20%-45% sisanya dalam bentuk mono dan digliserida.Cara penyerapan lipida yaitu dengan difusi pasif.

Gram empedu membantu asam lemak dan digliserida membentuk micelle sehingga mudah melalui dinding usus halus mono dan digliserida membentuk trigliserida.Demikian juga asam lemak dan gliserol.Trigliserida yang terbentuk dibawa kilomikron disimpan dalam jaringan adipose melalui sistimlimfatik.Gliserol bebas,asam lemak rantai pendek dan sedang diserap langsung menuju aliran darah.


EKSKRESI LEMAK

Hati membantu mengosidasikan lemak dan mempersiapkan untuk disimpan dalam jaringan.Lemak dioksidasikan untuk memberikan panas dan tenaga serta lemak yang disimpan mengandung vitamin A dan B.Produksi buangan hasil pembakaran lemak dalam jaringan diekskresikan oleh :
a.       Paru-paru dalam bentuk air dan karbondioksida
b.      Kulit dalam bentuk keringat
c.       Gnjal dalm bentuk air seni
d.      Jalan pencernaan dalam bentuk feses


KEBUTUHAN LEMAK

WHO menganjurkan konsumsi lemak berkisar sekitar 15-30 % dari total kebutuhan energi.Jumlah tersebut dianggap memenuhi kebutuhan asam lemak esensial dan membatu penyerapan vitamin larut lemak.

Dari kebutuhan tersebut paling banyak 10% berasal dari lemak jenuh dan 3-7% lemak tidak jenuh dan konsumsi kolesterol dianjurkan <300 mg/hari (Guthrie,HA.1989).


SUMBER LEMAK
1.      Minyak nabati
      Contoh      :  * Minyak kelapa
                           * Minyak kelapa sawit
                           * Minyak kacang-kacangan (kacang tanah)
                           * Minyak kacang kedelai
                           * Minyak jagung
                           * Kemiri
                           * Sayur dan buah umumnya sedikit mengandung lemak kecuali kelapa dan alpukat

2.      Minyak hewani
      Contoh      :  * Keju
                           * Daging (daging ayam)
                           * Mentega
                           * Susu
                           * Ikan basah
                           * Minyak ikan
                           * Kuning telur,dan sebagainya.






PENGARUH LEMAK TERHADAP KESEHATAN
1.      Penyakit jantug koroner
      Penyebab PJK ada beberapa factor antara lain :
ü  Hipertensi
ü  Perokok berat
ü  Aktifitas fisik
      Beberapa ahli berpendapat bahwa aktifitas fisik merupakan factor penting dibandingkan jumlah dan jenis lemak pada makanan untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah.
ü  Meningkatnya kadar lipid darah

2.      Peningkatan kadar lipida darah

Tingginya trigliserida dalam darh atau dikenal hipertrigliseridemia merupakan salah satu factor resiko PJK.Komposisi karbohidrat dan obesitas merupakan factor yang berpengaruh terhadap peningkatan trigliserida dalam darah.Pengurangan konsumsi lemak jenuh dan peningkatan konsumsi lemak tidak jenuh berpengaruh nyata terhadap kadar lipid.

3.      Peningkatan kadar kolesterol dalam darah

Kadar kolesterol dalam darah manusia beragam dan mengalami peningkatan dengan bertambahnya umur.Penambahan kolesterol darah berbeda menurut jenis kelamin.Pada wanita dimulai umur dua puluhan.sementara pada pria lebih awal.Faktor yang berpengaruh terhadap kadar kolesterol darah adalah LDL,lemak total,lemak jenuh dan energi total.

Untuk menghindari timbulnya PJK,kadar kolesterol dapat dipertahankan <200mg/dl.Untuk menghindari kadar kolesterol darah yang tinggi,dianjurkan mengganti sumber lemak jenuh dengan makanan sumber lemak tidak jenuh dan emgurangi makanan kaya kolesterol.

Demikian juga diet dengan kalori yang terkontrol merupakan modifikasi program pencegahan PJK,karena kalori yang berlebihan ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dibawah ini .. .. . .