Jumat, 27 April 2012

Makanan Penambah IQ / Kecerdasan

Info ! (bagi yg belum mengetahui)

Makanan Penambah IQ / Kecerdasan

Berikut adalah beberapa bahan pangan yang dapat membantu dalam menjalankan fungsi Otak.

~Paprika Merah, Paprika merah adalah paprika hijau yang dibiarkan matang lebih lama sehingga pada umumnya dapat menyimpan kandungan gizi yang lebih tinggi. Paprika merah mempunyai sifat anti oksidan yang kuat berkat kandungan vitamin C nya (100 gram paprika mengandung 140 mgram vitamin C) dan betakaroten yang oleh tubuh diubah menjadi vitamin A. Namun kandungan vitamin pada parika merah lebih banyak dari pada paprika hijau, yaitu lebih banyak 20% juga pada beta karotennya 15 kali lebih besar dari pada paprika hijau. paprika juga mengandung natrium dan kalium yang merupakan mineral yang membantu pembentukan sel saraf.
• Bawang Bombay, kalu mengupas bawang ini pasti lah menangis, ini karena minyak atsiri yang dikandungnya, tapi perlu di ketahui minyak ini mengandung sulfur yang dapat mengeluarkan racun yang bikin otak kita buntu. Kulit bawang ini juga menandung Anthoxanthin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi otak dan sel-sel saraf dari kerusakan radikal bebas. bawang ini juga dapat menstimulasi aktifitas asam amino di otak dan penghantar syaraf.
• Brokoli, mengandung vitamin C yang sangat banyak 1 gelas brokoli masak = 2 kali vitamin C jeruk. vitamin C dapat membantu menangkal radikal bebas, melindungi sel diotak dan tubuh dari kerusakan oksidasi. selain itu brokoli juga kaya akan flavonoid, zat besi, kalsium dan kalium.
• Tomat, memiliki kandungan fitokimia bernama likopen yang memiliki sifat anti oksidan yang sanggup melindungi otak dan sistem saraf, juga vitamin B kompleks yang dapat menghasilakan penghantar sel saraf.
• Polong-polongan, menyediakan mineral seperti magnesium, fosfor, dan seng (Zn) dan mangan yang akan bersinergi dengan asam amino untuk membentuk penghantar sel saraf.
• Kacang-kacangan dan Biji-bijian, mempunyai kandungan asam omega 6 yang dibutuhkan otak untuk membentuk zat penghantar syaraf.
• Daging tanpa Lemak, memiliki 8 asam amino esensial (sapi) untuk membuat penghatar syaraf. daging kambing memiliki kadar lemak jenuh yang lebih tinggi dari pada ayam tetapi mempunyai kadar zat besi yang 3 kali lebih tinggi dan 5 kali lebih dalam hal zat sengnya (Zn).
• Ikan, asam omega 3 nya melindungi bagian otak yang memberikan pesan kepada tubuh selain meningkatkan kemampuan mental juga meningkatkan mood baik.
• Kedelai, kandungan esetil kolinnya amat dibutuhkan untuk membentuk zat penghantar saraf, juga kaya akan asam amino, asam lemak omega 3, fitoestrogen, vitamin dan mineral yang dibutuhkan otak.
~kacang almond : rendah lemak jenuh, kaya omega 6, kaya protein, vitamin E, dan kalsium.
~kacang hazael : omega 6 tak terlalu tinggi, tapi kandungan mangan 2 kali lebih banyak dari kacang lainnya.
~kacang mete : tinggi lemak jenuh (jangan dimakan terlalu banyak)
~kacang tanah : tinggi protein dan lemak.
~biji wijen : kaya akan zat seng (Zn).
~Biji bunga matahai: kaya akan magnesium dan vitamin E (jangan berlebihan, cukup satu genggam saja).

NB: jgn terlalu berlebihan juga mengkonsumsi nya, lebih baik konsumsi teratur dlm porsi yg normal. tidak perlu makan smua nya, makan beberapa mkanan diatas pun sudah cukup. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dibawah ini .. .. . .