Rabu, 07 Maret 2012

Hatta: Kebijakan Penyesuaian BBM Selamatkan Perekonomian Nasional



Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kebijakan penyesuaian harga bahan bakar minyak bersubsidi akan menyelamatkan kondisi perekonomian nasional secara keseluruhan, sehingga hal tersebut mutlak dilakukan.

"Kebijakan itu akan menyelamatkan perekonomian kita secara nasional," kata Hatta Rajasa setelah membuka secara resmi Rapat Kerja Kementerian Perdagangan yang digelar di salah satu hotel berbintang di Jakarta, Rabu.

Menurut Hatta, sangat tidak benar bila ada yang beranggapan bahwa kebijakan terkait dengan penyesuaian harga BBM bersubsidi akan merugikan masyarakat secara luas.

Menko Perekonomian memaparkan, bila harga minyak atau BBM bersubsidi dibiarkan tidak berubah, sedangkan tingkat harga minyak telah berada di tingkat 120 dolar AS per barel, maka hal tersebut akan menghabiskan banyak dana APBN yang seharusnya bisa digunakan secara lebih bermanfaat di bidang lain.

"Dana APBN kita akan tersedot untuk subsidi dan dinikmati oleh masyarakat yang relatif mampu," ucapnya.

Ia juga mengatakan, bila dana APBN habis tersedot untuk subsidi, maka hal tersebut sama saja dengan tidak tersedianya dana yang cukup untuk beragam bidang vital lainnya seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pertanian.

Hatta mengingatkan bahwa sekitar 70 persen subsidi yang disalurkan oleh APBN dinikmati bukan oleh kalangan masyarakat lemah, tetapi oleh kalangan masyarakat yang relatif mampu.

"Sebagian besar (dana subsidi) habis di kendaraan-kendaraan roda empat," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI Jakarta, Selasa (28/2) menuturkan, harga minyak mentah Indonesia (ICP) pada bulan Januari adalah 115,91 dolar AS/barel, dan pada Februari diperkirakan 121,75 dolar AS/barel.

Padahal, ujar dia, asumsi harga ICP sebagaimana angka yang terdapat dalam APBN 2012 hanyalah sebesar 90 dolar AS/barel.

Sebagai perbandingan, harga jenis minyak WTI (West Texas Intermediate) di New York Mercantile Exchange per 27 Februari adalah sebesar 108,56 dolar AS/barel, dan harga jenis minyak Brent di Inter Continental Exchange London adalah sebesar 124,17 dolar AS/barel. (rr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dibawah ini .. .. . .